Tips Memilih Pinjaman Online Terpercaya dan Terbaik

blog INSIDE – Pinjaman online adalah pinjaman berupa dana maupun kredit di muka yang dapat diajukan secara online. Penyedia jasa pinjaman online adalah berbagai lembaga keuangan, baik bank maupun non-bank seperti perusahaan financial technology (fintech).

Kehadiran pinjaman online memang memudahkan publik yang ingin membutuhkan dana tambahan untuk berbagai kebutuhan. Meski demikian, perlu mengetahui tips memilih pinjaman online terpercaya dan terbaik. Hal ini bertujuan agar tidak terjebak pada kredit online ilegal.

Baca juga: Aplikasi Penghasil Uang 2020 Terbukti Membayar

Selain itu, ada pula beberapa kelebihan pinjaman online yang menarik banyak orang untuk mencobanya, diantaranya:
Tidak mensyaratkan BI checking dan kepemilikan kartu kredit dalam pengajuan pinjaman. Tentu tidak adanya ketentuan ini mempermudah karena selama ini banyak yang ditolak bank akibat tidak punya histori kredit
Proses pencairan jauh lebih cepat dibandingkan bank. Hanya 3 hari pinjaman online sudah cair dibandingkan proses 1 – 2 minggu di bank
Pengajuan secara online melalui aplikasi di smartphone, sehingga proses menjadi lebih mudah dibandingkan harus mengunjungi kantor cabang bank. Batasan waktu dan tempat menjadi tidak relevan dengan proses online.

Meskipun beberapa kelebihan pinjaman online itu menggiurkan, kamu wajib mengetahui tips memilih pinjaman online terpercaya dan terbaik. Lantas apa saja tipsnya, simak beberapa ulasan berikut:

1. Terdaftar OJK

Yang pertama dan utama adalah terdaftar di OJK. Kalau sudah terdaftar di lembaga pengawas jasa keuangan ini, berarti pinjaman online tersebut sudah legal. Untuk mengetahui atau tidak, silahkan kunjungi website OJK untuk memastikan apakah layanan kredit online tersebut terdaftar atau tidak.

Sebab sebagai lembaga pengawas jasa keuangan, OJK memiliki daftar khusus penyedia pinjaman online terpercaya. Kamu patut mencurigai keamanannya jika menemukan penyedia pinjaman online yang belum terdaftar OJK.

2. Masuk Akal

Masuk akal disini maksudnya idak hanya memerlukan copy e-KTP calon debitur, pinjaman online terpercaya juga akan meminta NPWP, bukti transaksi rekening bank selama 3 bulan terakhir, bukti riwayat kredit sebelumnya (jika kamu pernah meminjam dana sebelumnya), dan SIUP untuk calon debitur yang merupakan pengusaha.

3. Transparan dengan Besaran Bunga

Tips memilih pinjaman online terpercaya lainnya adalah penyedia pinjaman online akan sangat terbuka mengenai proses pengajuan pinjaman yang jelas, dan transparan dengan besaran bunga. Mereka juga akan menjelaskan waktu atau tempo pembayaran, sampai hal-hal yang mengakibatkan pengambilan aset maupun cara penagihan pada debiturnya.

Jadi, kamu akan mengetahui besaran tagihan setelah bunga, dan tak ada bunga yang secara tiba-tiba naik dalam waktu tertentu. Prosedur penagihan yang baik pun tidak akan mengganggu privasimu dan orang terdekat.

Sebab data pribadi seperti daftar kontak di HP-mu tidak sembarangan dihubungi untuk menagih hutang. Kamu pasti sudah tahu bahwa saat ini banyak penyedia pinjaman online yang mengambil data kontak HP, riwayat panggilan HP, dan hal pribadi lainnya. Jelas saja hal tersebut sangat mengganggu.

4. Memiliki Website Resmi

Keberadaan webiste resmi penyedia pinjaman online juga bisa dijadikan patokan. Situs resmi ini juga cukup informatif, di mana selain menampilkan jenis produk pinjaman, ada juga kontak dan alamat perusahaan yang jelas dan sudah pasti bisa dikunjungi debiturnya.

5. Memiliki Kontak yang Jelas

Tips memilih pinjaman online terpercaya yang terakhir adalah kamu harus mengetahui kontak perusahaan penyedia pinjaman online tersebut. Mulai dari nomor customer service, nomor kantor pusat, dan lain sebagainya. Jika ada penyedia pinjaman online yang tidak memiliki nomor penting tersebut, sebaiknya hindari saja.