Tips Memilih Pinjaman Online Terpercaya di Indonesia

blog INSIDE – Penghasilan yang pas-pasan ditambah kebutuhan yang terus meningkat di tengah pandemi ini membuat masyarakat cenderung berusaha mencari sumber pembiayaan lain, salah satunya dengan pinjaman online.

Adanya jaminan kemudahan, pinjaman online hadir sebagai solusi sumber kredit baru. Hal ini turut membuat pinjaman online menjamur seiring dengan sambutan baik dari berbagai pihak di masyarakat.

Baca juga: Daftar Pinjaman Online Resmi OJK Terbaru 2020

Namun, banyak juga masyarakat yang mengeluhkan perilaku pinjaman online yang dianggap merugikan. Padahal itu karena mereka memilih pinjol ilegal. Untuk itu penting kiranya mengetahui tips memilih pinjaman online terpercaya di Indonesia.

1. Pinjaman Online Resmi
Pinjol yang terdaftar di OJK otomatis akan diawasi lebih ketat dan harus mengikuti protokol dari OJK. Seperti cara penagihan, ketentuan besaran suku bunga pinjaman, denda dan yang lainnya. Untuk melihat daftar penyelenggara Fintech yang terdaftar Anda bisa cek di situs OJK melalui web ojk.go.id.

2. Memperhatikan Persyaratan yang Diminta
Sebelum meminjam uang pastikan dulu sudah membaca dan memahami persyaratan yang diminta pada umumnya, seperti KTP, KK, NPWP, Slip Gaji dan buku tabungan. Jika suatu aplikasi meminta dokumen yang sangat penting, seperti sertifikat tanah, maka disarankan menggunakan layanan fintech lain. Hal ini karena dokumen penting seperti sertifikat tanah merupakan dokumen yang tidak boleh diminta oleh pihak lain.

3. Transparan Dan Terbuka
Aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK tentunya akan memiliki sistematis pinjaman yang transparan dan terbuka. Misalnya, ada beberapa aplikasi pinjol yang menyediakan kalkulator installment di bagian depan situsnya. Melalui kalkulator installment ini, orang yang akan meminjam uang akan mengetahui secara langsung berapa total biaya, bunga, tenor, dan sebagainya.

4. Pinjam Sesuai Kemampuan
Pastikan saat mengajukan pinjaman online OJK, Anda mengambil pinjaman sesuai kemampuan. Karena bagaimana pun pada saatnya pinjaman harus dikembalikan, pinjaman wajib dilunasi.

Pinjam sesuai kemampuan akan membuat Anda bisa membayar tepat waktu dan tidak harus membayar denda keterlambatan membayar. Selain itu, pinjam sesuai kemampuan akan membuat Anda tidak harus melakukan gali lubang tutup lubang dengan mengambil pinjaman lagi untuk menutup pinjaman. Jika ini dilakukan pinjaman akan semakin menumpuk dan membuat Anda stres.

5. Pahami Kontrak Pinjaman
Baca dengan teliti kontrak perjanjian yang ditawarkan pihak pinjol, dan jika ada yang kurang jelas jangan ragu ajukan pertanyaan. Kontrak merupakan dasar hukum pinjam meminjam yang segala hak dan kewajiban pihak yang terlibat diatur dalam kontrak. Jika suatu saat terjadi masalah Anda dapat mengajukan gugatan dengan kontrak perjanjian ini.

Itulah tips memilih pinjaman online terpercaya di Indonesia yang bisa dilakukan saat akan mengajukan kredit online.