Pinjaman Online Syariah tanpa Jaminan

blog INSIDE – Pinjaman online syariah tanpa jaminan kini banyak dipilih karena menawarkan pinjam meminjam sesuai syariah. Fintech peer to peer lending syariah juga bisa jadi alternatif berinvestasi dengan keuntungan maksimal.

Pinjaman tanpa riba ini memang dirancang khusus buat orang-orang yang tidak mau bayar cicilan dengan bunga. Sebagai gantinya, bank syariah menggunakan sistem murabahah dan ijarah buat memperoleh untung.

Baca juga: Grab Tawarkan Pinjaman Online

Hal tersebut kemudian menjadi dasar pinjaman online syariah. Sistem murabahah adalah akad jual beli antara bank syariah, dan nasabah. Sementara itu, sistem ijarah adalah akad memperoleh manfaat atas jasa yang digunakan.

Jika berminat mengajukan pinjaman online syariah tanpa jaminan, berikut beberapa gambaran platform yang bisa dijadikan gambaran dan pilihan untuk dibandingkan.

SyarQ
Kredit online syariah ini merupakan solusi pembelian barang tanpa kartu kredit. Bisa dibilang produk pinjaman dari SyarQ ini mirip-mirip dengan solusi pembiayaan yang ditawarkan Kredivo. Bedanya pada sistem syariah yang digunakan.

Pinjaman SyarQ menawarkan keuntungan bebas ongkos kirim dan sebagai solusi pembayaran cicilan buat orang-orang yang enggan menggunakan kartu kredit.

Berapa margin keuntungan yang diambil SyarQ dari debitur yang gunakan layanannya? Buat gambaran aja kalau kamu beli mesin cuci seharga Rp3.650.000 tanpa DP dengan fasilitas SyarQ, cicilan yang kamu bayarkan:

Selama 1 bulan sebesar Rp4.221.500.
Selama 2 bulan sebesar Rp2.111.000 (2 kali cicil).
Selama 3 bulan sebesar Rp1.407500 (3 kali cicil).
Selama 5 bulan sebesar Rp845.000 (5 kali cicil).

Kamu bisa memanfaatkan layanan SyarQ langsung di website-nya atau dengan terlebih dahulu install aplikasinya di smartphone kamu.

Duha Syariah
Mengusung tagline layanan pembiayaan mudah, cepat, transparan dan bebas riba, Duha Syariah memberikan layanan pembiayaan untuk pembelian barang dan jasa juga kegiatan produktif yang sesuai prinsip syariah.

Ada dua tipe pembiayaan di Duha Syariah, yaitu tipe konsumtif (barang atau jasa) dan tipe perjalanan religi.

Tipe konsumtif memberikan pinjaman untuk pembelian produk halal yang dijual di e-commerce atau marketplace yang telah bekerja sama dengan Duha Syariah. Limit pembiayaan yang diberikan hingga Rp20 juta dengan jangka waktu pembayaran 3, 6, 9, dan 12 bulan.

Sedangkan untuk tipe perjalanan religi, yaitu memberikan pembiayaan perjalanan umrah dan wisata halal yang dijual di e-commerce atau marketplace. Maksimal limit pembiayaan tipe ini sebesar Rp30 juta dengan tenor 12, 18 dan 24 bulan.

Syarfi
Perusahaan P2P ini juga memberi dua jenis pinjaman yaitu usaha dan sosial. Pinjaman usaha diperuntukan buat kamu yang butuh modal kerja atau dananya dipakai untuk operasional bisnis yang dijalankan nasabah.

Produk ini sistem pembayarannya dicicil per bulan ditambah dengan imbal hasil yang sudah disepakati di awal akad saat pengajuan pembiayaan.

Sedangkan pinjaman sosial diberikan untuk nasabah yang butuh dana untuk menutup hutang riba misalnya untuk penutupan kartu kredit.

Pembiayaan sosial di Syarfi menggunakan akad Qard atau pinjaman dana tanpa imbalan. Tapi nasabah wajib mengembalikan nilai pokok pinjaman secara sekaligus atau dicicil dalam jangka waktu tertentu.