Daftar Pinjaman Modal Usaha Syariah tanpa Jaminan Terbaik 2020

blog INSIDE – Pinjaman syariah online atau pinjaman tanpa riba adalah P2P berbasis Syariah yang tidak hanya menawarkan pinjam meminjam sesuai Syariah tetapi juga alternatif investasi dengan keuntungan lebih tinggi melalui mekanisme bagi hasil.

Dalam daftar P2P Lending yang dirilis secara rutin, OJK mengklasifikasikan P2P syariah. Berdasarkan daftar tersebut, terdapat daftar pinjaman modal usaha syariah tanpa jaminan terbaik 2020.

Baca juga: Daftar Pinjaman Online Syariah Resmi OJK 2020

Untuk diketahui, Pinjaman tanpa riba ini memang dirancang khusus buat orang-orang yang gak mau bayar cicilan dengan bunga. Sebagai gantinya, bank syariah menggunakan sistem murabahah dan ijarah buat memperoleh untung. Inilah yang kemudian menjadi dasar pinjaman online syariah.

Kalau berminat mendaptakan modal usaha, berikut daftar pinjaman modal usaha syariah tanpa jaminan terbaik 2020 yang bisa dijadikan referensi.

Investree

Misi dari pionir perusahaan teknologi finansial di Indonesia ini adalah menjadi online marketplace yang mempertemukan lender (pemilik dana pinjaman) dan borrower dengan pinjaman yang terjangkau dan mudah diakses. Di Investree Syariah semua kegiataan pembiayaan bebas riba, dan bebas dari transaksi yang dilarang syariat Islam.

Lalu, apa keuntungan yang didapat lender? Imbal hasil yang didapat pemilik dana berupa ujrah wakalah atau jasa penagihan yang dibayarkan peminjam dana tanpa beban biaya apapun. Besaran dana pinjaman yang dipatok Investree mulai dari Rp5 juta untuk pembiayaan bisnis.

Sedangkan untuk borrower, pinjaman yang didapat bebas bunga, hanya membayar administrasi, tanpa biaya terselubung dan prosesnya yang cepat. Investree syariah saat ini sudah terdaftar sebagai pinjaman online di OJK.

Meski begitu, gak semua pembiayaan bisa dikeluarkan oleh Investree. Jadi hanya pengajuan dari perusahaan atau bisnis tertentu saja yang bisa mengajukan pembiayaan. Terlebih lagi, Investree meminta jaminan berupa giro mundur dan jaminan personal.

Dana Syariah

Sesuai dengan konsepnya, yaitu P2P lending, Dana Syariah mempertemukan pendana dengan peminjam. Khusus di platform fintek ini, pinjaman difokuskan pada bisnis properti. Kalau kamu ingin berinvestasi di perusahaan P2P, kamu bisa jadi pendana dengan mengunjungi website resmi Dana Syariah.

Bagi hasil yang ditawarkan, Dana Syariah untuk pendana sekitar 20% per tahun. Begitu juga kalau kamu ingin mendapat pinjaman, kamu bisa melakukan penggalangan dana melalui situsnya. Setelah mendaftar, kamu bisa ajukan proposal proyek properti untuk verifikasi yang dilakukan tim Dana Syariah.

Alamisharia

Berikutnya yang masuk dalam daftar pinjaman modal usaha syariah tanpa jaminan terbaik 2020 adalah Alamisharia. Berbeda dengan perusahaan fintech penyedia dana pinjaman online, Alamisharia mengkhususkan dananya untuk peminjam yang memiliki usaha kecil menengah atau UKM.

Menngusung tagline #HijrahFinansial, perusahaan peer to peer lending syariah ini resmi menjadi fintech berizin dari OJK per Mei 2020.

Di Alami, pelaku UKM bisa mendapat pinjaman mulai dari Rp50 juta hingga Rp2 miliar, dan akan dibiayai oleh ALAMI maksimal 80% dari nilai pengajuan. Karena memiliki prinsip islami, Alamisharia memberi syarat khusus yaitu usaha yang dijalankan bebas dari unsur haram, seperti peternakan atau perniagaan babi, rokok, alkohol, narkoba, atau usaha lain yang bertentangan dengan syariat Islam.

Agar dapat mengajukan pinjaman di Alami, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi terlebih dulu. Diantaranya, usaha kamu berbentuk PT, CV, atau Yayasan yang beroperasional sesuai dengan syariat Islam, usaha yang kamu jalankan sudah berdiri minimal satu tahun dan berlokasi di Jabodetabek.

Juga melampirkan rekening koran dan laporan keuangan enam bulan terakhir, punya giro mundur dan jaminan personal untuk dijaminkan.