Investasi Terbaik untuk Pemula

blog INSIDE – Memilih investasi terbaik untuk pemula harus dilakukan secermat mungkin dan penuh pertimbangan. Ini bertujuan agar upaya menanam aset atau dana bisa mendatangkan keuntungan sebagaimana yang dikehendaki.

Di era sekarang ini, mencari jenis investasi bukan lagi menjadi hal yang sulit. Ada banyak pilihan yang yang bisa dipilih dan dijalankan. Mulai dari yang membutuhkan modal kecil hingga yang besar, mulai dari offline dan online.

Baca juga: Pinjaman Online Langsung Cair 2020

Khsusus untuk kamu yang berniat berinvestasi namun masih bingung menentukan jenis investasi apa yang cocok, berikut kami jabarkan beberapa jenis investasi terbaik untuk pemula:

Deposito
Investasi jenis ini paling diminati pemula karena risikonya yang rendah. Deposito memiliki perbedaan dengan tabungan dilihat dari tingginya bunga dan waktu jatuh tempo. Secara umum, bunga deposito ada di kisaran 5 – 8% per tahun.

Pembeda selanjutnya yaitu waktu jatuh tempo, kamu gak bisa ambil danamu sewaktu-waktu seperti tabungan. Jika menginginkan return dan keuangan yang besar, dana yang diinvestasikan juga harus besar.

Reksadana
Pada dasarnya reksadana adalah sebuah wadah pengumpulan modal dan dana investasi dari masyarakat untuk kemudian dikelola oleh Manajer Investasi. Investasi reksadana terdiri dari reksadana pasar uang, reksadana saham, dan reksadana campuran.

Tren jenis investasi reksadana adalah favorit generasi milenial atau pemula yang baru di dunia investasi karena resikonya lebih kecil serta tidak memerlukan modal besar. Harga reksadana dari beberapa platform sangat terjangkau, ada yang bisa dimulai cukup dengan Rp10.000 saja.

Saham
Semakin tinggi risiko, maka semakin besar peluang return atau potensi penghasilan yang bisa didapatkan, beginilah pesona utama yang ditawarkan oleh jenis investasi saham.

Sebagai pemula yang tertarik untuk mencoba investasi saham maka harus mau meluangkan waktu lebih untuk mempelajari seluk-beluknya dengan seksama serta aktif mengikuti kegiatan tukar informasi guna mendapat update terbaru.

Sebagai informasi, sekarang ini cara membeli saham sudah dipermudah melalui sistem online yang diakses kapanpun dengan proses yang lebih sederhana. Hal ini tentu memberi kemudahan bagi seorang investor pemula.