Investasi Online Syariah Terpercaya

blog INSIDE – Mencari dan menanamkan aset di investasi online syariah terpercaya merupakan salah satu upaya untuk melipatkan ganda uang supaya bebas dari riba. Disamping itu, upaya ini sebagai bagian untuk taat atas aturan hukum agama.

Untuk diketahui, investasi syariah kini semakin diminati karena tren hijrah yang berkembang. Ditambah lagi Komunitas muslim yang semakin berkembang kemudian memunculkan berbagai produk keuangan termasuk investasi berbasis syariah bebas riba.

Baca juga: Pinjaman Online Cepat Cair 24 Jam

Oleh karena itu, sebagai pemula yang baru menggeluti dunia ini, memilih tempat investasi online syariah terpercaya merupakan usaha agar terhindar dari segala bentuk penipuan. Pasalnya, sebagai pemula masih banyak hal yang harus diketahui dan dipelajari.

Sebagai gambaran, berikut beberapa investasi online syariah bebas riba:

Deposito Syariah
deposito Syariah menggunakan akad mudharabah dan menawarkan nisbah atau bagi hasil dari investasi ke produk usaha yang halal, berbeda dengan deposito konvensional yang memberikan bunga.

Ketentuan nisbah ini disepakati di awal ketika kita mulai membuka rekening deposito. Setiap bank berbeda, pun bisa berbeda pula setiap nasabah. Misalnya, nisbah 60:40. Ini berarti 60% untuk nasabah, atau shahibul maal (pemilik dana), dan 40% untuk bank, atau mudharib (pengelola dana).

Reksa Dana Syariah
Ini juga salah satu jenis investasi Syariah yang difavoritkan oleh para investor pemula nih. Ya, gimana enggak kan ya? Dananya tinggal diserahkan untuk dikelola oleh mereka yang lebih ahli, lalu diinvestasikan ke produk-produk investasi yang dikelola secara Syariah.

Misalnya, mau beli reksa dana saham Syariah, ya saham-saham yang dipilih adalah saham perusahaan yang operasionalnya sesuai dengan Syariat Islam.

Untuk bisa memulai berinvestasi di jenis investasi Syariah satu ini, tidak perlu modal terlalu banyak. Disini bisa mulai dengan Rp100.000–ya sama ya kayak reksa dana lainnya. Hanya saja, nanti di alokasinya akan disalurkan ke produk Syariah, bukan sembarang produk.

Investasi Emas Syariah
Investasi ini dilakukan untuk mendapatkan suatu benda riil yaitu emas. Di mana, investasi emas sudah mulai diminati oleh kalangan milenial. Emas ini berlandasan hukum dari fatwa Dewan Syariah Nasional No: 77/DSN-MUI/V/2010 tentang Jual Beli Emas Secara Tidak Tunai.

Meski banyak pertentangan terkait fatwa, karena pendapat mayoritas ulama mengatakan tidak diperbolehkan jual beli emas secara tidak tunai. Hal tersebut dianggap sebagai tsaman (mata uang).

Namun, di Indonesia emas tidak dianggap sebagai mata uang melainkan komoditas sehingga tidak masalah untuk melakukan jual beli emas secara tidak tunai.