Grab Tawarkan Pinjaman Online

blog INSIDE – Tak hanya jadi startup ride-hailing, kini Grab tawarkan pinjaman online dan menjadi penantang para fintech dan perbankan. Layanan ini hadir setelah perusahaan Grab Financial mengakuisisi Bento Invest, startup robo-advisory.

Selain layanan kredit online, layanan lain yang disediakan adalah micro investment, di mana pengguna bisa berinvestasi paling kecil satu dolar Singapura.

Baca juga: Pinjaman Online Resmi OJK Terbaru

Melalui investasi ini, pengguna bisa mendapatkan imbal hasil (return) hingga 1,8% per tahun yang akan dibayarkan ke dompet GrabPay. Layanan ini baru tersedia di Singapura.

“Sebagai perusahaan fintech terkemuka di Asia Tenggara, strategi ‘Thrive with Grab’ kami akan memungkinkan pengguna untuk membangun kekayaan mereka, mengelola keuangan dan melindungi apa yang mereka hargai selama periode yang tak pasti ini,” ujar Financial Group senior managing director Grab Reuben Lai, seperti dihimpun dari Channel News Asia, Selasa (4/8/2020).

Manajemen mengungkapkan pinjaman online akan disediakan oleh bank yang menjadi mitra perusahaan melalui platform yang disediakan di aplikasi. Proses pencairan pinjaman ini membutuhkan waktu 2-4 hari.

Sebelumnya, perusahaan ini telah menawarkan pinjaman modal kerja kepada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di empat negara. Grab juga sedang menunggu lisensi dari bank Sentral Singapura untuk menjadi bank digital.

Sebagai informasi yang dikutip dari wikipedia, Grab sebelumnya dikenal sebagai GrabTaxi merupakan salah satu platform layanan on demand yang bermarkas di Singapura.

Berawal dari layanan transportasi, perusahaan tersebut kini telah mempunyai layanan lain seperti pengantaran makanan dan pembayaran yang bisa diakses lewat aplikasi mobile.

Pada awalnya, platform layanan ini didirikan di Malaysia, sebelum kemudian memindahkan kantor pusat mereka ke Singapura. Saat ini, perusahaan ini telah beroperasi di Asia Tenggara (kecuali Laos dan Brunei).

Grab merupakan startup “decacorn” (sebutan untuk startup yang memiliki valuasi perusahaan sebesar US$10 miliar) pertama di Asia Tenggara.

Di Indonesia, Grab melayani pemesanan kendaraan seperti ojek (GrabBike), mobil (GrabCar), taksi (GrabTaksi), kurir (GrabExpress), pesan-antar makanan (GrabFood), dan carpooling (GrabHitch Car). Saat ini Grab tersedia di 125 kota di seluruh Indonesia, mulai dari Banda Aceh – Aceh hingga Jayapura – Papua.