Cara Jitu Pinjaman Online di ACC, Simak Tips Berikut

blog INSIDE – Saat ini masyarakat semakin mudah mendapatkan pinjaman dengan adanya layanan pinjaman online. Pengajuan secara online, persyaratan mudah dan tidak adanya jaminan menjadi kelebihan kredit online ini.

Namun, bagi yang belum berpengalaman atau belum sekalipun mendapatkan pinjaman melalui sejumlah aplikasi pinjaman online, berikut beberapa cara jitu pinjaman online di ACC yang perlu diperhatikan:

Baca juga: Tips Mengajukan Kredit melalui Aplikasi Pinjaman Online

1. Gunakan Aplikasi Pinjaman Online Resmi

Agar pengajuan pinjaman cepat cair, calon peminjam harus mengajukan menggunakan aplikasi pinjaman online. Aplikasi tersebut dapat diunduh di Playstore untuk android dan Apple store untuk IOS. Hampir semua Fintech mewajibkan pengajuan pinjaman menggunakan aplikasi.

Tujuan penggunaan aplikasi ini adalah kemudahan di sisi nasabah dan penarikkan data ponsel untuk analisa kredit di sisi perusahaan Fintech. Agar pinjaman online bisa cepat cair, maka gunakan aplikasi pinjaman online yang memberikan persyaratan mudah dan pelayanan yang cepat.

2. Pahami Bahwa Ada Data Di Ponsel Yang Diambil

Pinjaman online menawarkan dana cepat langsung cair dalam hitungan menit, tanpa agunan dan tanpa kartu kredit, sehingga kredit online membutuhkan data yang cukup untuk melakukan evaluasi pengajuan kredit.

Metode evaluasi yang digunakan setiap Fintech berbeda dengan bank pada umumnya. Fintech akan memanfaatkan data ponsel nasabah untuk menghitung credit scoring yang menentukan layak tidaknya untuk mendapatkan kredit.

Tentu saja, pemberian izin atas penarikan data tersebut wajib atas persetujuan calon nasabah terlebih dahulu. Karena itu, nasabah harus memahami mengenai penarikkan data ponsel ini saat proses pengajuan kredit online.

Berdasarkan aturan pinjaman online OJK, data ponsel yang boleh ditarik oleh P2P adalah Camera, Location dan Microphone. Jika ada pinjol yang meminta data kontak HP, segera tolak karena mereka adalah pinjaman online ilegal.

3. Lengkapi Semua Persyaratan

Cara jitu pinjaman online di ACC dengan cepat yaitu dengan melengkapi persyaratan yang diminta oleh pihak pinjaman online. Beberapa syarat yang biasanya harus dipersiapkan, yaitu E-KTP, KK, Foto dan lainnya.

Namun, karena peminjaman dilakukan secara online, pastikan kamu telah memiliki soft file dari dokumen-dokumen tersebut untuk diunggah di aplikasi pinjaman online.

4. Perhitungkan Bunga Pinjaman Online

Salah satu perbedaan kredit online dengan kredit bank, pinjaman online menawarkan tenor harian. Hal ini membuat calon nasabah tidak perlu mengajukan selama 30 hari, tetapi bisa harian, misalnya 10 hari pinjaman.

Dengan masa pinjaman harian, peminjam tetap harus memperhatikan cara perhitungan bunga. Ada dua cara perhitungan, yaitu:

a. Bunga flat, yaitu kewajiban dihitung berdasarkan pokok pinjaman. Contohnya, pinjaman 1 juta selama 30 hari dengan bunga per hari 0.5%, maka bunga adalah (0.5% x 30 = 15%) x 1 juta menjadi 150 ribu.

b. Bunga Berbunga, yaitu pokok pinjaman dan bunga pinjaman. Contohnya, pinjaman 1 juta selama 30 hari dengan bunga per hari 0.5%, maka bunga compounding (0.5%2 x 30 x 1 juta) menjadi 161 ribu.

Dengan memahami besarnya bunga pinjaman ini, maka para peminjam akan jauh lebih mudah melakukan perhitungan terkait pinjaman yang mereka ambil.

5. Mengetahui Berapa Biaya Pinjaman

Pinjaman online tidak hanya membebankan biaya bunga saja, ada biaya lain yang harus dibayar oleh peminjam, seperti:

a. Biaya saat mengajukan pinjaman, mencakup biaya admin, bunga, biaya asuransi atau pertanggungan lain, serta provisi. Biaya ini harus dicek saat akan mengajukan pinjol, biasanya dijelaskan dalam FAQ pinjam meminjam.

b. Biaya keterlambatan dan biaya penagihan pihak ketiga. Saat menunggak pembayaran, kamu harus membayar denda keterlambatan. Semua biaya ini harus dipahami calon nasabah sebelum mengajukan pinjaman online.

Dengan memahami semua cara jitu pinjaman online di ACC tersebut, maka pinjaman online yang diajukan bisa lebih cepat diproses. Namun, sebelum benar-benar mengajukan pinjaman, pikirkan duku risiko-risiko yang akan terjadi.